About Me

followers

Senin, 04 November 2013

Pert5 Interaksi Manusia dan Komputer | Direct Manipulation dan Virtual Reality |



  Direct Manipulation dan Virtual Reality, dimana semua dikontrol oleh user
Tiga level umum interaksi manusia dan komputer :


Pada struktur manusia, terdapat tiga tingkatan interaksi yang digunakan dalam berinteraksi yaitu :
1.    Task Level
Pengetahuan user terhadap task domain dan kopmuter merepresentasikan task domain yang diinginkan oleh manusia
2.    Dialog Level
Pengetahuan user dalam berbahasa pemrograman dan komputer bisa mengerti dengan perintah yang diberikan sehingga terjadi interaksi yang baik
3.    Level Input/Output
Input yang diberikan oleh manusia ke komputer melalui piranti masukan seperti keyboard, mouse, dan sebagaintya sehingga dapat berinteraksi dengan baik.


Tujuan dari interaksi manusia dan komputer adalah memahami bagaimana suatu interaksi terjadi. Pembuat aplikasi harus dapat memahami cara kerja user secara umumkarena dengan demikian mereka akan menghasilkan produk yang mudah digunakan oleh user secara umum.

BATAS KINERJA INTERAKTIF
Batas kinerja interaksi antara manusia dan komputer adalah sebagai berikut :
1.    Batas komputasi : Memerlukan waktu dan menyebabkan frustasi user
2.    Batas saluran penyimpanan : Kemacetan dalam transfer data dari disk ke memori
3.    Batas grafik : meng-update layar membutuhkan banyak usaha, kadang dapat dibantu dengan menambahkan prosesor grafik
4.    Kapasitas jaringan : Komputer yang terhubung dengan jaringan saling berbagi sumber daya dan file tetapi kinerja interaktif berkurang dengan rendahnya kecepatan jaringan



Masalah yang sering terjadi karena masalah pemrosesan :
1.    Overshooting (terlalu banyak tombol ditekan)
Karena sistem menyimpan sementara  (buffer) tombol keyboard yang ditekan pengguna
2.    Icon Wars (perang ikon)
Pengguna meng-klik sebuah ikon tetapi tidak terjadi apa-apa sehinga meng-kik yang lain dan sistem merespon dengan window yang bermunculan dimana-mana.

Juga akan menjadi masalah jika sistem terlalu cepat, misalnya layar bantuan (help) menggulung teksnya terlalu cepat sehingga tidak dapat dibaca oleh user.

0 comments: