Senin, 04 November 2013
Pert5 Interaksi Manusia dan Komputer | Direct Manipulation dan Virtual Reality |
Direct Manipulation dan Virtual Reality, dimana semua dikontrol oleh user
Tiga level umum interaksi manusia dan
komputer :
Pada struktur manusia, terdapat tiga
tingkatan interaksi yang digunakan dalam berinteraksi yaitu :
1.
Task
Level
Pengetahuan user
terhadap task domain dan kopmuter merepresentasikan task domain yang diinginkan
oleh manusia
2.
Dialog
Level
Pengetahuan user
dalam berbahasa pemrograman dan komputer bisa mengerti dengan perintah yang
diberikan sehingga terjadi interaksi yang baik
3.
Level
Input/Output
Input yang diberikan
oleh manusia ke komputer melalui piranti masukan seperti keyboard, mouse, dan
sebagaintya sehingga dapat berinteraksi dengan baik.
Tujuan dari interaksi manusia dan komputer
adalah memahami bagaimana suatu interaksi terjadi. Pembuat aplikasi harus dapat
memahami cara kerja user secara umumkarena dengan demikian mereka akan
menghasilkan produk yang mudah digunakan oleh user secara umum.
BATAS KINERJA
INTERAKTIF
Batas kinerja interaksi antara manusia dan
komputer adalah sebagai berikut :
1.
Batas
komputasi : Memerlukan waktu dan menyebabkan frustasi user
2.
Batas
saluran penyimpanan : Kemacetan dalam transfer data dari disk ke memori
3.
Batas
grafik : meng-update layar membutuhkan banyak usaha, kadang dapat dibantu
dengan menambahkan prosesor grafik
4.
Kapasitas
jaringan : Komputer yang terhubung dengan jaringan saling berbagi sumber daya
dan file tetapi kinerja interaktif berkurang dengan rendahnya kecepatan
jaringan
Masalah yang sering terjadi karena masalah
pemrosesan :
1.
Overshooting
(terlalu banyak tombol ditekan)
Karena sistem
menyimpan sementara (buffer) tombol keyboard yang ditekan
pengguna
2.
Icon
Wars (perang ikon)
Pengguna meng-klik
sebuah ikon tetapi tidak terjadi apa-apa sehinga meng-kik yang lain dan sistem
merespon dengan window yang bermunculan dimana-mana.
Juga akan menjadi masalah jika sistem terlalu
cepat, misalnya layar bantuan (help)
menggulung teksnya terlalu cepat sehingga tidak dapat dibaca oleh user.
Labels:
interaksi manusia dan komputer
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
0 comments:
Posting Komentar